Cara Memakai Jilbab Segiempat

Buatlah lipatan menjadi segitiga, tarik salah satu ujung kerudung membentuk lipatan diagonal sehingga terbentuk segitiga. Jika anda ingin kerudung lebih pendek atau lebih kecil perbesarlah ukuran bidang segitiga, demikian juga sebaliknya jika anda ingin kerudung besar atau lebih panjang, dibuat lipatan menjadi lebih kecil.

Beri jarak antar sisi depan dengan sisi belakang pada lipatan diagonal hal ini berfungsi agar pinggir kerudung tidak”balapan” ketika dipakai. Lipatan diagonal akan menghasilkan bagian atas kerudung yang bagus. Terutama bila anda ingin bagian atas kerudung membentuk kanopi didahi

Membuat lipatan persegi panjang, selain lipatan segitiga sangat umum dipakai,kerudung segiempat juga bisa dipergunakan dengan cara lipatan persegi panjang, caranya dengan melipat seperempat dari lebar kerudung sehingga terbentuk bidang persegi panjang.

Kerudung segiempat juga bisa dikenakan tanpa lipatan sebelumnya. cara ini bisa diterapkan untuk kerudung segiempat yang berukuran kecil sehingga tetap cukup menutupi bagian dada dan bahu.

Gaya dasar menyematkan kerudung ada dua macam yaitu menyematkan kerudung didagu dan ditengkuk.

* Semat dibagian dagu

  1. Letakkan kerudung segiempat yang sudah dipersiapkan (dengan lipatan atau tanpa lipatan)  diatas ciput yang telah dikenakan. Posisi kerudung bisa secara simetris atau asimetris.
  2. Lipat sedikit kedua tepi kerudung dibawah dagu, kemudian satukan dengan peniti dari bagian dalam agar peniti tidak terlihat dr luar. Pastikan sematan terasa nyaman dan tidak tercekik dileher kepala, tapi juga tidak terlalu longgar supaya tidak mudah jatuh atau lepas. Rapikan sisi kerudung dibagian pipi membuat lipatan kecil kearah telinga.
  3. Rapikan bagian atas kerudung agar jatuhnya lebih bagus dan tidak memperlihatkan ciput yang dipakai. Kedua ujung yang menjuntai dapat digunakan membuat kreasi kerudung. cara yang sering dipakai menyelesaikan gaya kerudung semat di dagu yaitu menarik salah satu ujungnya kebelakang kepala.
  4. Tarik salah satu ujung kerudung kearah bahu keatas kepala agak kebelakang. Sematkan kerudung dengan jarum diatas kepala agar tidak mudah turun. Selain jarum bisa juga pakai peniti hias atau bros kecil. Biarkan ujung tersebut menggantung dibagian belakang kepala.
  5. Alternatif lain tariklah ujung tersebut dan selipkan di dagu, bisa dengan klip kecil. Cara ini cocok diterapkan pada kerudung yang tipis.

* Semat di Tengkuk

1.   Pertama kerudung segiempat yang sudah dilipat diagonal menjadi segitiga diatas ciput yang sudah dikenakan, posisikan kerudung secara simetris, sematkan kerudung di belakang tengkuk dengan peniti. Bisa dengan menyimpul kedua ujung kerudung dibelakang tengkuk, peniti akan lebih rapi dan tidak menggembung.

2.  Silangkan ujung kerudung secara berlainan arah, tarik satu ujung ke depan dengan menutup leher. Sematkan disisi telinga dengan jarum agar rahang dan bagian depan leher tertutup sempurna. Tarik ujung kerudung yang sama ke sisi telinga yang satu lagi. Sematkan kembali dengan jarum pentul dibawah telinga. Sembunyikan ujung jarum didalam kain.

Selamat mencoba ?? 

 

Speak Your Mind

*

Facebook

Get the Facebook Likebox Slider Pro for WordPress
You might also likeclose