Perubahan Gaya Berjilbab Dari Masa ke Masa

perkembagan jilbab1perkembagan jilbab2perkembagan jilbab3

Betapa panjangnya catatan penekanan terhadap para muslimah yang mengenakan jilbab di seluruh dunia. Sampai saat ini pun penekanan itu masih berlanjut di beberapa negara. Namun begitu, pemakai jilbab / kerudung semakin banyak juga dari waktu ke waktu. Model jilbab / kerudung semakin berkembang.

Simbol Kehormatan Wanita
Di Assyiria abad ke- 13 sebelum masa Masehi, kerudung / jilbab yang di kenakan para wanita sudah menunjukan simbol kehormatan. Kala itu ada hukum yang berisi larangan bagipara pelacur utuk mengenakan kerudung. kerudung hanya dipergunakan wanita wanita terhormat.  Begitu juga yang terjadi pada wanita wanita Romawi dan Athena, YUnani, lalu pada masa sebelum Islam di Iran dan  masa kekaisaran Byzantium,  kerudung menunjukan tingginya kehormatan seorang wanita, bahwa pakaian serba tertutup menunjukkan setatus yang tinggi dalam masyarakat pada masa masa itu.

Cahaya Islam berlaha bangkit di berbagai belahan dunia, walau diiringi dengan penekanan – penekanan yang acap harus dibayar dengan harga mahal.  Tahun 70-an jilbab sebagai penutup aurat,  sesuai syariat Islam mulai mengemuka kembali, termasuk Indonesia.

Di beberapa tempat,  sesuai ‘urf ( kebiasaan setempat ) dan mazhab yang di anut masyarakat setempat, busana dan jilbab / kerudung yang di tolelir adalah yang menutup seluruh tubuh tak terkecuali wajah, atau hanya menyisakan mata.  Namun sebagian besar Muslim dunia mengambil fiqih bahwa yang boleh tampak adalah wajah dan kedua tapak tangan mengikuti pendapat terbanyak para ulama. Celah inilah yang membuka ruang bagi kreasi model busana dan jilbab / kerudung muslimah.

Setelah masyarakat tahu kalau kerudung itu bukan hal yang menakutkan atau mencurigakan, bahkan menjadi kebaikan dalam masyarakat dan tidak menjadi barang aneh lagi , busana muslimah kini gampang di terima di masyarakat.  Adapun  cara memakai jilbab moderen sudah banyak dengan berbagai kreasi. Adapun salah satunya sebagai berikut :

Tips Memakai JIlbab Moderen :
1.  Kenakan sebuah kerudung / selendang yang panjang kemudian ikat    dibagian belakang tengkuk
2.  Tarik selendang / kerudung sebelah kanan kearah depan sampai    melewati dan menutupi leher dan putar ke arah belakang lagi
3.  Kaitkan kerudung / selendang ke bagian samping kanan atas    dengan peniti
4.  Kenakan kerudung / selendang panjang yang tipis
5.  Ikat di belakang tengkuk
6.  Pilih selendang tipis sebelah kiri dan selendang yang sebelah    kanan di tarik ke arah depan menutupi leher dan dikaitkan    dengan    peniti dan samping kanan atas dekat selendang /       kerudung yang    pertama tadi dikaitkan
7.  Tari kerudung / selendang yang pertama sehinga berada di luar    kerudung tipis
8.  Kemudian pilin menjadi satu dengan selandang yang tipis
9.  Tarik hasil pilinan tersebut kesamping kanan atas dan jepit    dengan peniti

Sekedar menambahan dalam pemakaian jilbab dengan berbagai kreasi yang tetap perlu di perhatikan adalah bentuk wajah, misalnya bagi yang gemuk, bisa disamarkan dengan warna kain jilbab berwarna gelap seperti hitam, selain itu mengenai cara memakai jilbab kalau bisa agar hiasan kain tidak terlalu tinggi dan membuat ukuran kepala semakin besar.

Speak Your Mind

*

Facebook

Get the Facebook Likebox Slider Pro for WordPress
You might also likeclose